Sunday, February 19, 2012

multitasking and multitasker...

beberapa waktu lalu (uda lama juga sih ya) saya ketemu dengan seorang psikolog sekaligus seorang therapis spesialisasi ke hypnotherapist. saya sedikit deg2an juga sih bertemu dengan beliau, sepertinya sosok yang begitu mengagumkan, cerdas, dan hebat, hihi...jadi, diantara beberapa waktu percakapan itu, kami banyak ngobrol tentang banyak hal, misalnya bahwa kami sama2 fobia ketinggian (^^), atau kenyataan bahwa dia seorang catlover sementara saya cathater, hehehe ^^
ada satu kata yang sempat saya tangkap dari percakapan kami itu, yaitu 'multi tasker'. awalnya, saya ga pernah mendengar kata itu sama sekali, tapi akhir-akhir ini iseng2 googling juga, dan sedikit kaget juga...ini adalah beberapa fakta tentang multitasker yang saya dapatkan. tapi, karena capability saya buat nranslate b.inggris ke bahasa indonesia ga se-master pakde google translate (hahaha), jadi ini adalah beberapa hal yang berhasil saya tangkap:
  1. multitasker itu dari kata multi tasking, istilah komputer buat komputer yang bisa bekerja banyak dalam satu waktu
  2. multitasker adalah sebutan untuk orang yang bisa melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, exp: ngobrol sambil smsan, ngetik sambil dengerin orang bicara, naek mobil sambil smsan, dsb...
  3. multitasking bisa bikin kerja pengerjaan tidak maksimal, jadi kemungkinan melakukan kesalahan adalah besar, soalnya otaknya dibagi2...nggak bisa fokus...
  4. multitasking bisa bikin hubungan dengan orang nggak baik, coba deh diliat kalau ngobrol sambil smsan, pasti orang yang diajak ngobrol serasa nggak dianggap. dikira nggak respek
  5. multitasking bisa dilatih...itu bukan bawaan, jadi dengan pembiasaan dari kecil bisa menjadikan seseorang menjadi seorang multitasker
itu adalah beberapa hal yang saya peroleh...
tapi, dari perkataan psikolog yang saya sebutkan di awal tulisan ini, dia mengartikan bahwa multitasking itu adalah mengerjakan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan. misalnya gini, saya sedang dikejar deadline naskah sebanyak 100 halaman, ada tugas bikin laporan di kampus, ada agenda besar untuk bedah buku, belum lagi cucian numpuk, ada masalah dengan seorang teman, dan pacar saya sedang depresi gara-gara skripsinya nggak selesai-selesai...dan semuanya harus diselesaikan dalam waktu 1 minggu...nah, nggak semua orang bisa menyelesaikan semua hal itu dalam waktu bersamaan. beberapa orang mungkin akan mengorbankan beberapa hal dan tidak menyelesaikannya, misalnya langsung nyerah dengan deadline,cuciannya masukin di laundry, dsb...atau bahkan bisa depresi gara2 otaknya bingung mau ngerjain yang mana dulu..
tapi, orang yang bisa mengerjakan semua itu dalam waktu yang ditentukan, tersebut bisa juga disebut sebagai multitasker...
including me.. ^^
setelah saya googling tersebut, saya baru sadar, bahwa 'mungkin' saya adalah seorang multitasker, yang bisa ngerjain beberapa pekerjaan dalam waktu yang sama dan sedikit. saya pernah mendapat job yang harus kelar dalam 3 hari, tugas kampus yang seabrek, kegiatan yang fullday...tapi toh bisa selesai juga...meski habis itu badan drop dan bikin stress. ^^
ya, kemaren saya baca di twitter Geronimo, kalau multitasking tu bisa ngurangin kemampuan otak dan bikin stress. well, apapun risikonya, kalau nurut pendapat saya sih itu tergantung personalnya. multitasking itu nurut saya tergantung personal untuk bisa membagi pekerjaan dan waktu. nurut saya juga, semua orang bisa jadi seorang multitasking, soalnya bisa dilatih dan (trust me) ini bisa jadi keahlian yang penting dalam dunia kerja ^^
well, sharing diperlukan... ^^

2 comments:

  1. Tak ada komen yg layak aku berikan, kecuali Dahsyaattt... Mantaapppss... Hehe... Tetap semangat dan moga makin sukses, Mbak. Kata Pak Bilif, sang guru bahasa ingrris, Man jadda wajada. :-)

    ReplyDelete