Friday, June 12, 2015

Jadikan Museum Menarik


Jogja memiliki banyak museum. Namun sayangnya, tak banyak masyarakat yang mengetahuinya. Padahal, tak sedikit museum yang memiliki koleksi menarik. Sayang sebenarnya, ketika museum-museum tersebut tidak dikunjungi. Museum sebenarnya bisa menjadi destinasi wisata yang menarik apabila dilakukan beberapa perombakan. 

Museum Monumen Jogja Kembali (Sumber Gambar)

Pertama, ketersediaan informasi yang benar dan jelas. Selama ini, akses untuk mendapatkan informasi museum di Jogja sangat sulit. Maka, museum di Jogja perlu memberikan satu portal khusus untuk mengakses semua yang berhubungan dengan museum di Jogja. Satu layanan terpadu akan memungkinkan semua pengunjung mendapatkan informasi secara valid dan mudah.

Kedua, buat tagline yang menarik. Tagline menjadi salah satu hal yang penting dalam sebuah pemasaran—dalam hal ini, kita memasarkan museum. Jadi, tak ada salahnya membuat tagline yang menarik agar masyarakat mau mengunjungi museum, bukan? Pilihlah tagline yang komunikatif, segar ide, dan mencerminkan tentang museum itu sendiri.

Ketiga, membuat program yang menarik. Buat program secara berkala, misalnya paket tour ke beberapa museum, tiket terusan untuk beberapa museum sekaligus, paket tour siswa sekolah, aneka lomba, dan sebagainya. Dengan program yang menarik, museum di Jogja akan lebih dilirik oleh masyarakat.

Perombakan tersebut diharapkan mampu menarik animo masyarakat untuk berkunjung ke museum. Dengan begitu, museum pun bisa menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. (Fatih)

*) Tulisan ini diikutkan dalam lomba menulis @Museum_Jogja #MuseumDay

No comments:

Post a Comment