Tuesday, August 27, 2019

Tugas VCT Batch 5 Wilayah Jateng-DIY

Review Rumah Belajar (rumahbelajar.id)

REVIEW 1

Kontributor: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Judul Buku : Air Minum yang Sehat
Penulis: Adi Sumunar
Ilustrator: Rahman Murzaman
Tahun Terbit: Cetakan 1: 2018
Jumlah Halaman: 27 halaman
Penyunting Naskah: Farika Pandji
Penyunting Ilustrasi: Grace Mailuhu
Penyunting Bahasa: Wahyu Kuncoro
Link Download Buku: KLIK DI SINI

Cover Buku

Tahukah kalian, apa itu air minum yang sehat? Jika belum tahu, kalian bisa mencarinya di buku berjudul ‘Air Minum yang Sehat’. Buku ini menceritakan tentang seekor burung kakatua bernama Momo yang mengikuti pelajaran di suatu sekolah. Momo mendengarkan Pak Guru menjelaskan tentang air minum yang sehat serta ciri-cirinya. Setelah mengetahui hal itu, Momo pun terbang mencari keberadaan air yang sehat. Momo mencari di laut dan sungai, namun tak kunjung menemukan air yang dicarinya. Mampukah Momo menemukan air yang sehat? Nah, jawabannya bisa ditemukan di buku ini, ya.



Suasana Belajar


Buku ini memiliki isi yang sesuai dengan materi di kelas 2, yaitu tema Air, Bumi, dan Matahari (Tema 6), sehingga bisa dijadikan sebagai bahan belajar anak-anak di kelas rendah, baik kelas 1 maupun 2. Bahasa yang digunakan dalam buku ini juga sederhana, tidak terlalu panjang, dan mudah dipahami oleh siswa kelas rendah. Selain itu, ilustrasi yang ditampilkan pun sudah mewakili dari isi cerita, sehingga pembaca akan lebih mudah memahami isi cerita.


Teks Cerita di Tiap Halaman


Kekurangan dari buku ini adalah terkait ilustrasinya. Ilustrasi di buku ini hanya digambar dengan pewarna krayon atau pensil warna yang kemudian discan, sehingga terkesan kasar. Alangkah lebih baiknya apabila ilustrasi gambar menggunakan ilustrasi digital atau komputer sehingga hasilnya akan lebih halus.

Salah satu keunikan lain dari buku ini adalah ditampilkannya keindahan alam Papua. Setting yang digunakan dalam buku ini adalah di Papua. Hal ini terlihat dari kondisi ruang kelas yang sederhana, kepulauan Raja Ampat yang terdapat di halaman 12, serta kondisi hutan, pegunungan, dan sungai. Pembaca pun bisa mengetahui bahwa ada nilai-nilai budaya bangsa Indonesia, terutama di wilayah timur Nusantara yaitu budaya Papua. Sungguh menarik sekali. (Fatiharifah)

Keindahan Raja Ampat 
LINK REVIEW DI YOUTUBEhttps://youtu.be/9A2EhXRLqw8

______________________________________________________________________________


REVIEW 2

Kontributor: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar
Judul: Kunyit sebagai indikator makanan berbahan pengawet
Host: Chyntia
Narasumber: Eka Agus Setyowati, S.Pd
Produksi: jogjabelajar.org Balai Tekkomdik DIY
Donwload video: KLIK DI SINI




Video pembelajaran ini menampilkan kegiatan pembelajaran di SD Deresan, Yogyakarta. Dalam video ini, ditampilkan siswa kelas V SD yang sedang melakukan percobaan untuk mengetahui bahan pengawet dalam makanan dengan menggunakan kunyit. Kunyit yang sudah diparut diperas (diambil sarinya). Kemudian, makanan kemasan/snack chiki-chikian dimasukkan ke dalam air kunyit. Apabila air kunyit berubah warnah, maka disimpulkan bahwa makanan tersebut mengandung bahan pengawet.

Video pembelajaran ini memiliki kelebihan, yaitu materi yang menarik, metode belajar yang dijelaskan mudah dipahami oleh pendengar, serta materi dapat tersampaikan dengan baik.

Namun, terdapat kekurangan dalam video ini, yaitu terlalu banyak suara anak-anak saat pengambilan gambar, sehingga terdengar bising. Selain itu, suara musik latarpun terlalu keras sehingga suara pembicara kurang jelas. Terakhir, tidak adanya tulisan di layar sebagai penjelas hal-hal penting yang disampaikan dalam video. (Fatiharifah)

LINK REVIEW DI YOUTUBEhttps://youtu.be/klvfeZzRa30 




No comments:

Post a Comment